jump to navigation

Materi

Transjakarta atau yang biasa dipanggil Busway (ada yang menyebutnya Tije) adalah sebuah sistem transportasi bus cepat di Jakarta, Indonesia. Sistem ini dimodelkan berdasarkan sistem Transmilenio yang sukses di Bogota, Kolombia.

Bus Transjakarta (Tije) memulai operasinya pada 15 Januari 2004 dengan tujuan memberikan jasa angkutan yang lebih cepat dan nyaman bagi warga Jakarta. Untuk mencapai hal tersebut, bus Tije diberikan lajur khusus di jalan-jalan yang menjadi bagian dari rutenya dan lajur tersebut tidak boleh dilewati kendaraan lainnya (termasuk bus umum selain TransJakarta).

busway1

Berikut ini salah satu soal kontekstual menggunakan permasalahan ‘busway’ pada materi BILANGAN.

Selama dua minggu pertama, dari 15 Januari 2004 hingga 30 Januari 2004, Busway Transjakarta memberikan pelayanan secara gratis. Kesempatan itu digunakan untuk sosialisasi, di mana warga Jakarta untuk pertama kalinya mengenal sistem tiket yang baru. Lalu, mulai 1 Februari 2004, Busway Transjakarta mulai beroperasi secara komersil.

1. Berapa hari Transjakarta beroperasi secara cuma-cuma bagi warga Jakarta?
2. Berapa banyak hari antara 30 Januari 2004 hingga 1 Februari 2005?

Materi Statistika.

Berdasarkan situs resminya, dari 1 Februari 2004 hingga akhir Maret 2005, TransJakarta dilaporkan telah mengangkut sebanyak 20.508.898 penumpang.

1.Berapa rata-rata banyak penumpang Transjakarta perbulan?

2.Berapa rata-rata banyak penumpang Transjakarta perhari?

3.Jika banyaknya Transjakarta yang beroperasi dalam sehari adalah 20 bus, maka berapa rata-rata jumlah penumpang perbus?


Jalur

Jalur pertama yang dibuka adalah Koridor I sepanjang 12,9 km yang melayani rute Blok MKota. Dua tahun kemudian, Koridor II (14,3 km) dan III (18,7 km) mulai dioperasikan. Saat ini (Januari 2006), untuk transfer jalur, penumpang harus melakukannya di tiga halte yang telah ditetapkan, yaitu Sawah Besar, Medan Merdeka, dan Pecenongan. Direncanakan pada Mei 2006, penumpang telah dapat menggunakan Harmoni Central Busway sebagai satu-satunya titik transfer.

Peta jalur busway
Peta jalur busway
Halte TiJe tampak samping
Halte TiJe tampak samping

Jika kita ingin menutup halte sebuah sisi busway itu dengan kertas folio, berapa kertas folio dibutuhkan untuk menutup sebuah sisi halte busway tersebut? (Gambar kuning diandaikan tinggi seorang penumpang busway)

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: